Penalaran Karangan

No.

1. Buatlah paragraf analisis ekspositoris yang disusun dengan deduksi ilmiah. Panjang karangan 5 paragraf. Diskusikan jawaban anda bersama teman anda untuk menghasilkan jawaban yang sempurna.

Jawab:
Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan pada saat itulah gempa bumi akan terjadi. Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit ke dalam mengalami transisi pada ke dalaman lebih dari 600 km.

Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi. Beberapa gempa bumi (jarang) namun juga terjadi karena menumpuknya massa air yang sangat besar di balik dam, seperti Dam Karibia di Zambia, Afrika. Sebagian lagi (jarang juga) juga dapat terjadi karena injeksi atau akstraksi cairan dari/ke dalam bumi (contoh. pada beberapa pembangkit listrik tenaga panas bumi dan di Rocky Mountain Arsenal. Terakhir, gempa juga dapat terjadi dari peledakan bahan peledak. Hal ini dapat membuat para ilmuwan memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. Gempa bumi yang disebabkan oleh manusia seperti ini dinamakan juga seismisitas terinduksi.

Gempa bumi yang paling sering terjadi adalah gempa bumi yang disebabkan pergeseran lempengan bumi (Tektonik). Gempa tektonik terjadi karena gerakan dari berbagai lempengan bumi baik besar maupun kecil yang membentuk kerak bumi. Lapisan kerak bumi yang keras menjadi genting (lunak) dan akhirnya bergerak. Teori dari “Tektonik Plate” menjelaskan, bumi terdiri atas beberapa lapisan batuan. Sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya.

Hampir sebagian besar gempa tektonik terjadi di perbatasan antara lempengan-lempengan pembentuk kerak bumi tersebut, seperti di lingkaran Pasifik. Kegiatan zone subduksi atau area tumbukan lempeng memegang peranan hampir 50 persen dari peristiwa seismik yang terjadi. Kegiatan zone subduksi ini terkonsentrasi di daerah yang dinamakan lingkaran api (ring of fire), sebuah pita sempit yang panjangnya sekitar 38.600 km. Panjang pita ini membentang dari Selandia Baru-Indonesia-Jepang-hingga Amerika Selatan.

Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak memiliki pegunungan merapi yang aktif. Tercatat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Indonesia telah digoyang gempa besar sebanyak 7 kali. Satu yang paling hebat adalah gempa Aceh pada 26 Desember 2004.

2. Buatlah pargraf dengan penalaran sebab-akibat, kesimpulan induktif, kesimpulan berupa perkiraan (ramalan).

Jawab:
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Teknologi yang sebenarnya merupakan alat bentu/ekstensi kemampuan diri manusia. Dewasa ini, telah menjadi sebuah kekuatan otonom yang justru ‘membelenggu’ perilaku dan gaya hidup kita sendiri. Dengan daya pengaruhnya yang sangat besar, karena ditopang pula oleh sistem-sistem sosial yang kuat, dan dalam kecepatan yang makin tinggi, teknologi telah menjadi pengarah hidup manusia. Masyarakat yang rendah kemampuan teknologinya cenderung tergantung dan hanya mampu bereaksi terhadap dampak yang ditimbulkan oleh kecanggihan teknologi. Ada banyak sisi positif yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi tersebut. Namun di sisi lain, kemajuan teknologi tersebut akan membawa dampak yang buruk bagi semua penggunanya dan bahkan bisa mengancam nyawa penggunanya. Kehadiran teknologi yang semakin canggih justru diprediksi akan memberikan lingkungan sosial yang tergangu.

3. Buatlah paragraf deduktif dengan kesimpulan inferensi (3-5 kalimat ± 100 kata), gunakan pola : pendapat – analisis – dukungan / pembuktian fakta 2 – kesimpulan inferensi.

Jawab:

Tim penyelidik Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia Jumat(30/6), memeriksa dua staff kepolisian Sektor Sentani. Menurut Direktur Reserse Kriminal Polda Papua, Ajun Komisaris Besar Paulus Waterpauw, pemeriksaan terkait penerbitan surat laporan polisi atas laporan kehilangan ijazah yang dilaporkan kerabat Barnabas Seubu. Pemeriksaan oleh tim penyelidik Mabes Polri itu lanjutan pemeriksaan saksi kasus dugaan penggunaan dokumen palsu dalam pencalonan Barnabas Seubu sebagai Gubernur periode 2006-2011. Pemeriksaan dimulai kamis Kamis (29/6) itu terkait laporan calon Gubernur Papua John Ibo ke Mabes Polri akhir April lalu. Hari kamis, tim penyelidik juga memeriksa dua orang saksi. Mereka adalah Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Setani, Sumirah, dan guru sekolah yang sama, Petrus Tandung. Mereka juga akan memeriksa Ketua Pansus Pemilihan Gubernur.

4. Buatlah paragraf induktif dengan kesimpulan implikasi (3-5 paragraf ± 100 kata). Gunakan pola pemecahan masalah : pernyataan – maksud – deskripsi masalah – tujuan – cara mencapai tujuan – dukungan / kekuatan – kelemahan – alternatif – kesimpulan implikasi.

Jawab:

Proyek pembangunan monorail yang sedang berlangsung di jakarta merupakan salah satu contoh dari kemajuan di bidang transportasi. Proyek pembangunan monorail ini bertujuan untuk mengatasi kemacetan yang ada di Jakarta. Namun, proyek ini sempat tersendat proses pembangunannya dikarenakan anggaran yang melebihi dari perkiraan dan juga banyaknya pipa-pipa bawah tanah yang tidak beraturan yang menyebabkan tiang-tiang pancang jalur monorail tidak bisa dipasang. Dengan adanya kerjasama dari pihak-pihak yang bersangkutan, kini proses pembuatan monorail tersebut berjalan dengan lancar. Kendaraan umum ini diprediksi baru bisa beroperasi pada tahun 2018. Dengan adanya monorail diharapkan bisa membuat ibukota menjadi lebih tertata dan bisa mengurai kemacetan ibukota.

5. Buatlah paragraf yang dimulai dengan proposisi berikut ini:
1. Jika tekad sudah bulat, indonesia pasti dapat mengembangkan industri mobil dalam negeri.
2. Setiap orang berahlak pasti antikorupsi.

Jawab:

(1) Jika tekad sudah bulat, Indonesia pasti dapat mengembangkan industri mobil dalam negeri. Banyaknya potensi yang dimiliki negeri ini tentu saja itu merupakan suatu anugerah. Jika potensi itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan juga dilandasi dengan tekad yang bulat, bukan tidak mungkin indonesia bisa menguasai industri mobil di dunia.

(2) Setiap orang berakhlak pasti anti korupsi. Korupsi biasanya dilakukan jika ada kesempatan. Banyak orang yang jika dilihat dari penampilan luarnya, orang ini memiliki jabatan yang tinggi. Korupsi menjadi salah satu santapan orang-orang laiknya berpenampilan seperti ini. Namun, jika memiliki akhlak yang baik, korupsi hanyalah merupakan permainan yang haram.

6. Buatlah paragraf induktif yang diakhiri dengan kalimat proposisi positif universal.

Jawab:

Pada waktu anak didik memasuki pendidikan formal, pendidikan bahasa Indonesia secara metodologis dan sistematis bukanlah merupakan halangan baginya untuk memperluas dan memantapkan bahasa daerah. Setelah anak didik meninggalkan kelas, ia kembali mempergunakan bahasa daerah dengan teman-temannya atau orang tuanya. ia merasa lebih intim dengan bahasa daerah. jam sekolah hanya berlangsung selama beberapa jam. Baik waktu istirahat ataupun diantara jam-jam pelajaran, unsur-unsur bahasa daerah tetap digunakan. Ditambah lagi jika sekolah itu bersifat homogen dan gurunya penutur asli bahasa daerah itu. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya terjamin maju.

7. Baca paragraf berikut ini. Tentukan : (1) proposisi, (2) penalaran yang digunakan, (3) pembuktian, (4) hasil pembahasan, dan (5) jenis kesimpulan.

(1) sebagai mobil sport yang bertenaga besar, Nisan 350Z layak mewakili produk Nisan yang dikenal sebagai pembuat mobil bertenaga besar dan tangguh. (2) Nisan 350Z menyandang mesin berkapasitas 3,5 liter, 6 silinder dalam konfigurasi V (V6), 24 katup (4 katup persilinder, countinuouosly variable valve timing (CVVT), yang menghasilkan daya maksimum 287 PK (partdekracht, tenaga kuda pada 6.200 putaran mesin per menit (rpm) dan torsi maksimum 363 Nm (Newton-meter) pada 4.200 rpm. (3) daya dan torsi sebesar itu diteruskan ke roda melalui persnelling otomatik dengan 5 tingkat kecepatan yang dilengkapi dengan manual shift mode lazim disebut tiptronic. (4) akselarasinya cukup signifikan. (5) kecepatan 100 kilometer per jam dari posisi berhenti dicapainya dalam waktu 6 detik.
(7) Greg Wilson (ahli otomotif) menguji coba Nisan 350Z, (majalah Otomotif Online Canadiandriver), menyebutkan penilaiannya bahwa pada saat mendekati 5.000-6.000 rpm suara raungan mesin menerobos kabin. (8) suara raungan itu tidak menggangu, bahkan menimbulkan kesan macho. (9) suara raungan itu justru memberikan perasaan akan besarnya kekuatan mesin berkapasitas 3,5 liter itu. (10) mobil seharga Rp 855 juta itu seakan menawarkan kenyamanan, kemewahan, dan keperkasaan. (Kompas, 24 Juli 2003)

Buatkan contoh-contoh paragraf dengan topik sesuai dengan bidang studi, keahlian, atau profesi anda.

Jawab:

(1) Proposisi empirik
(2) Penalaran induktif
(3) Pembuktian dengan adanya spesifikasi mesin yang dijelaskan dan itu merupakan fakta
(4) Hasil pembahasan yaitu penulis membahas bagaimana mewahnya mobil Nissan 350Z
(5) Kesimpulan implikasi

Jurusan Sistem Informasi dalam dunia perkuliahan menjadi salah satu jurusan favorit yang banyak diminati. Bagaimana tidak, di dalam Sistem Informasi ini diajarkan banyak hal mengenai komputer yang nantinya akan dipakai di dunia pekerjaan. Seiiring dengan berkembangnya jaman, maka jurusan ini bisa dikatakan dapat menjadi landasan di dunia teknologi.

8. Tentukan jenis proposisi kalimat berikut ini.

1. Jumlah sudut segi empat yaitu 360⁰
2. Suhu badan orang sehat yaitu 36⁰
3. Volume benda adalah sebesar cairan yang dipindahkan.
4. Manusia adalah makhluk yang berakal budi.
5. Semua mahkluk benyawa akan merasakan mati.
6. Jika volume penjualan X meningkat, laba usaha akan meningkat.
7. Industri mobil nasional akan berkembang jika pemerintah mengarahkan dan mengendalikannya.
8. Sebagian orang memilih kehidupan didunia sebagai tujuan akhir.
9. Sebagian orang tidak bekerja pada malam hari.
10. Tidak sedikitpun orang makan daging kucing.

Jawab:

1) Proposisi empirik
2) Proposisi empirik
3) Proposisi empirik
4) Proposisi empirik
5) Proposisi mutlak
6) Proposisi positif universal
7) Proposisi Hipotetik
8) Proposisi kategoris
9) Proposisi positif parsial
10) Proposisi negatif universal

9. Sebutkan unsur-unsur yang membentuk sebuah penalaran.

Jawab:

Unsur-unsur penalaran:

a. Topik
b. Dasar pemikiran
c. Proposisi
1. Proposisi
2. Proposisi empirik
3. Proposisi mutlak
4. Proposisi hipotetik
5. Proposisi kategoris
6. Proposisi positif universal
7. Proposisi positif parsial
8. Proposisi negatif universal
9. Proposisi negatif parsial
d. Proses
e. Logika
f. Sistematika
g. Permasalahan
h. Variabel
i. Analisis
j. Pembuktian
k. Hasil
l. Kesimpulan

10. Jelaskan pengertian penalaran karangan.

Penalaran karangan yaitu pembahasan suatu masalah sampai menghasilkan suatu simpulan yang berupa pengetahuan atau pengertian baru.

Tinggalkan komentar